Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan : Bukan lagi menjadi suatu pilihan atau optional bagi kita yang ingin mencapai kebebasan financial untuk melakukan Perencanaan Keuangan. jika tidak kita lakukan mulai dari sekarang, keuangan kita mungkin tidak akan mampu bertahan lama atau tidak mampu bertahan dengan goncangan-goncangan keuangan yang bisa saja menimpakita suatusaat.

Mungkin kita pernah menonton film "Alangkah Lucunya Negeri Ini", disana diceritakan bagaimana kemajuan-kemajuan yang dialami oleh kumpulan para pencopet pasar setelah mereka memiliki seorang Perencanaan Keuangan mereka. yang sebelumnya mereka bisa menghabiskan seluruh pendapatan harian mereka, dengan Perencanaan Keuangan mereka bisa memulai usaha yang halal, membeli sepeda motor dan bahkan memiliki tabungan dan masa depan yang lebih baik.

Dalam proses perencanaan keuangan, kita perlu melalui 5 tahap penting, yaitu:
1. Menentukan Tujuan Keuangan.
2. Menganalisa Kondisi Keuangan Sekarang.
3. Membuat Rencana Keuangan.
4. Melakukan Implementasi Dari Rencana Keuangan.
5. Monitor dan Evaluasi Berkala.

Menganalisa Kondisi Keuangan Sekarang

Pernahkah Anda melihat denah informasi di pusat perbelanjaan? Biasanya denah ini menggambarkan struktur dari bangunan yang bersangkutan beserta daftar nama toko yang beroperasi di pusat perbelanjaan tersebut.

Rasio Keuangan

Setelah membuat kedua jenis laporan diatas, kita dapat melakukan analisa terhadap kondisi keuangan kita melalui rasio-rasio keuangan.

Panduan Check-Up Finansial

Untuk membantu Anda menganalisa kondisi keuangan sekarang, saya telah menyediakan panduan “Check-Up Finansial”. Panduan ini dengan lebih detil menjelaskan step-by-step cara membuat laporan kekayaan bersih dan laporan arus kas.

Demikian sedikit mengenai Perencanaan Keuangan, semoga bermanfaat...



Mkios

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...